Penulis / NIM
INANG MAABU / 151409412
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Inang Maabu. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bagian-Bagian Tumbuhan Melalui Metode Demonstrasi di Kelas II SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah melalui metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan di kelas II SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango?. Tujuan dari penelitian ini adalah Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan melalui metode demonstrasi di kelas II SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas II SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN 3 Kabila Bone. Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I menunjukkan sejumlah 19 orang siswa yang tuntas belajar atau 79.17% dengan perolehan nilai 70 ke atas dan sejumlah 5 orang siswa atau 20.83% belum tuntas dengan perolehan nilai di bawah 70. Sedangkan persentase hasil belajar siswa pada siklus II menunjukkan peningkatan mencapai sejumlah 22 orang siswa yang tuntas belajar atau 91.67% dengan perolehan nilai 70 ke atas dan sejumlah 2 orang siswa atau 8.33% belum tuntas dengan perolehan nilai di bawah 70. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode demonstrasi di kelas II SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bagian-bagian tumbuhan.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Bagian-bagian Tumbuhan, Demonstrasi
Download berkas