Penulis / NIM
YANTO PANEO / 151409415
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Yanto Paneo. 151409415. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Kelas III Pada
Materi Lingkungan Alam Dan Buatan Melalui Metode Discovery Pada
Pembelajaran IPS di SDN No. 17 Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,
Universitas Negeri Gorontalo 2011.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode
Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Lingkungan Alam dan
Buatan dalam pembelajaran IPS pada SDN No. 17 Kecamatan Kota Barat Kota
Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode
Discovery dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas
III SDN No. 17 Kecamatan Kota Barat Kota Gorontalo.. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan metode discovery hasil
belajar siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan
siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan dari hasil
belajar yaitu dari 58.62 % meningkat menjadi 79.31 % atau indikator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui metode discovery dapat
meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Lingkungan Alam dan Buatan, Metode Disovery
Download berkas