Penulis / NIM
ABDUL HARIS LATIF / 151409427
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Abdul Haris Latif, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pemerintahan Pusat Pada Pelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) di Kelas IV SDN 1 Talaga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Elmia Umar,M.Pd, dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag, MA
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) hasil belajar siswa materi Pemerintahan Pusat pada pelajaran PKn di kelas IV SDN 1 Talaga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat meningkat?. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi Pemerintahan Pusat melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) di kelas IV SDN 1 Talaga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian yang dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Talaga Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan jumlah siswa 24 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 12 orang siswa perempuan yang pada siklus I menunjukkan 13 orang siswa yang memperoleh kriteria tuntas 54 % dengan daya serap 72 %. Pada siklus II meningkat menjadi 17 orang siswa atau 71 % dan daya serap 83 % dari hasil tersebut dinyatakan bahwa kriteria tuntas atau indikator tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pusat pemerintahan pelajaran PKn.
Download berkas