Penulis / NIM
HARTATI NUR / 151409431
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Hartati Nur. 2013. Skripsi. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Silsilah Keluarga Melalui Metode Pemberian Tugas di Kelas II SDN 4 Tibawa Kecamatan Tibawa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si. dan Pembimbing II: Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode pemberian tugas pemahaman siswa tentang materi silsilah keluarga di kelas II SDN 4 Tibawa Kecamtan Tibawa akan meningkat?” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Penetapan indikator kinerja pada penelitian ini adalah jika hasil pengamatan pada proses pembelajaran yang meliputi kegiatan guru dan kegiatan siswa telah mencapai 80% atau lebih dari seluruh aspek kegiatan yang diamati dan hasil belajar pemahaman siswa 80% mencapai KKM, (KKM=70). Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Berdasarkan data yang diperoleh mengenai pemahaman siswa tentang materi silsilah keluarga pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 19 orang dengan persentase 73% dan yang memperoleh 70 ke bawah berjumlah 7 orang atau 27% dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 24 orang atau 92% dan yang memperoleh 70 ke bawah berjumlah 2 orang atau 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pemberian tugas dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi silsilah keluarga di kelas II SDN 4 Tibawa Kecamatan Tibawa.
Kata Kunci : Pemahaman, Silsilah Keluarga, Metode Pemberian Tugas
Download berkas