Penulis / NIM
VERANITA I. RAHMOLA / 151409434
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
Veranita I. Rahmola. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Karangan Eksposisi Dalam Bentuk Paragraf Melalui Media Gambar di Kelas V SDN 6 Batudaa. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd dan Pembimbing II Hj. Sumarni Muhammad M.Pd
Rumusan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa menulis karangan eskposisi dalam bentuk paragraf dapat ditingkatkan melalui media gambar di kelas V SDN 6 Batudaa? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
kemampuan siswa menulis karangan eskposisi dalam bentuk paragraf melalui media gambar di kelas V SDN 6 Batudaa.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus kelas V SDN 6 Batudaa. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes dan wawancaran.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada siklus I kemampuan siswa menulis karangan eksposisi meningkat sejumlah 19 orang siswa atau sebesar 70.37% dan pada siklus II sejumlah 26 orang siswa dengan kriteria mampu atau sebesar 96.26%. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa jika guru menggunakan media
gambar maka kemampuan menulis karangan eksposisi dalam bentuk paragraf di kelas V SDN 6 Batudaa dapat meningkat dan melebihi indikator capaian yang ditetapkan.
Kata Kunci: Karangan Eksposisi, Media Gambar.
Download berkas