Penulis / NIM
MISNA HANAPI / 151409435
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Misna Hanapi. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas Melalui Model Snowball Throwing di Kelas V SDN 2 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I) Dr.Hj. Rusmin Husain S.Pd, M.Pd.Pembimbing II) Dra,Dajani Suleman, M.Hum.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas di kelas V SDN 2 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo? Penelitian tindakan kelas ini di laksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas melalui model Snowball Throwing.
Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Pada oservasi awal kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas hanya sebesar 30,76 % atau hanya ada 8 orang siswa yang mampu kemudian pada siklus I 73,1 % atau 13 Siswa. Terakhir, pada siklus II menjadi 92,3 % atau ada 24 siswa yang memenuhi kriteria kemampuan. Hal ini berarti bahwa penelitian ini berhasil karena telah memenuhi kriteria standar penilaian.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Snowball Throwing dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi bebas di kelasV SDN 2 Asparaga Kecamatan Asparaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci :Kemampuan Siswa, Puisi Bebas , Model Snowball
Throwing.
Download berkas