SKRIPSI

Penulis / NIM
BASO PALLAWALEPU / 151409441
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Baso Pallawalepu. 151409441 ”Upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris di SDN 3 Tapa kabupaten Bone Bolango”. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo (pembimbing I : Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd). Permasalahan yang diungkapkan dalam penelitian yaitu bagaimana upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris dan tujuan dalam penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris di SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango (pada siswa Kelas IV SDN 3 Tapa) Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode deskriptif kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini untuk memudahkan peneliti dalam pengumpulan data deskriptif berupa kata-kata tertulis/lisan dari guru dan siswa yang diamati. Dari hasil penelitian melalui wawancara guru menunjukkan bahwa upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango yaitu guru menggunakan metode deduktif-deskriptif, metode ekspositori, tanya jawab dan metode latihan, memberikan bimbingan, melakukan kontrol secara teratur dan menggunakan media pembelajaran sehingga kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris rata-rata mencapai standar ketuntasan minimal. tetapi dari hasil wawancara dengan siswa bahwa guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai upaya meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang smetris. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi bangun datar yang simetris di kelas IV SDN 3 Tapa Kabupaten Bone Bolango yaitu guru menggunakan metode deduktif-deskriptif, metode ekspositori, tanya jawab dan metode latihan, kontrol secara teratur, memberikan bimbingan setelah selesai pembelajaran, dan tidak menggunakan media pembelajaran pada saat proses pembelajaran berlangsung, khususnya pada materi bangun datar yang simetris. Kata Kunci: Upaya, Meningkatkan, Kemampuan, Mengidentifikasi, Simetris.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011