Penulis / NIM
INDAM LATIF / 151409445
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Indam Latif. 2013. Penerapan Modalitas Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Di Kelas III SDN 5 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Tugas Akhir Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “apakah dengan penerapan modalitas belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SDN 5 Kabila, Kabupaten Bone Bolango?”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan modalitas belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa Kelas III dalam menulis karangan deskripsi di SDN 5 Kabila Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan dalam dua siklus.
Dari hasil penelitian yaitu siklus I, dari 23 orang siswa kelas III yang memperoleh kriteria mampu berjumlah 11 orang atau 48 % dan siswa berjumlah 12 orang tergolong dalam kategori kurang mampu dan tidak mampu. Pada pelaksanaan siklus II, siswa memperoleh kriteria mampu berjumlah 22 orang atau 96 % dan siswa yang memperoleh kriteria kurang mampu berjumlah 1 orang. Hasil pengamatan pada siklus II menunjukkan bahwa 22 orang atau 96 % dari 23 orang jumlah siswa memperoleh kategori baik dan sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan modalitas belajar dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan deskripsi meningkat.
Kata kunci : Modalitas Belajar, Menulis Karangan, Deskripsi.
Download berkas