Penulis / NIM
FITRIYATY / 151409448
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Fitriyaty. 2013. Meningkatkan kemampuan siswa menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS di kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusam Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra.Hj. Evie Hasim, M.Pd dan pembimbing II : Wiwy T. Pulukadang,S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS di kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo akan meningkat ?”. Sedangkan tujuan penelitan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS di kelas V SDN No. 85 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, penelitian ini dianggap berhasil apabila memenuhi kriteria, jika kemampuan siswa menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual mencapai 75 %.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah rata-rata siswa yang memenuhi kemampuan menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS pada observasi awal berjumlah berjumlah 8 siswa atau 33,3% dari jumlah 24 siswa, sedangkan pada siklus I yang memiliki kemampuan menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS berjumlah 14 siswa atau 58,3 %, untuk siklus II menunjukkan peningkatan, dimana dari 24 siswa yang memiliki kemampuan menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual melalui model pembelajaran TPS berjumlah 21 siswa atau 87,5 %, sehingga dapat disimpulkan bahwa indikator keberhasilan 75 % dari keseluruhan jumlah siswa yang ada di kelas V SDN No.85 Kota Tengah Kota Gorontalo telah tercapai.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan kemampuan siswa menggunakan diksi dalam mengomentari persoalan faktual.
Kata kunci : Diksi,Persoalan faktual, Model TPS
Download berkas