Penulis / NIM
MONALISA HIBAN / 151409454
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Abstrak
ABSTRAK
Monalisa Hiban.2015. Keterampilan Guru Dalam Menggunakan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN No. 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.Dr.H.Abdul Haris Panai, S.Pd M.Pd dan Pembimbing II Dr. Sukirman Rahim,S.Pd,M.Si
Rumusan masalah penelitian bagaimanakah keterampilan guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA di SDN No. 77 Kota Tengah?Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis keterampilan guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA.
Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti adalah pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data adalah menggunakan hasil dari observasi, serta dokumentasi.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh penelitian melalui penilaian yang dilakukan dengan menggunakan pengamatan pada saat guru melangsukan pembelajaran di dalam kelas dengan menggunakan metode demonstrasi, maka diperoleh hasil dari keterampilan guru dalam menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA pada indikator pertama yaitu proses keterampilan guru dalam persiapan metode demonstrasi, dimana guru cukup terampil dengan capaian 63,8% indikator yang kedua kegiatan guru dalam melaksanakan kegiatan demonstrasi guru cukup terampil dengan capaian 65,7% dan indikator terakhir ketarampilan guru mengakahiri pembelajaran guru terampil dengan capaian 75% dari ketiga indikator di atas dapat disimpulkan guru cukup terampil dalam menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA ini di buktikan dengan capaian hasil akhir guru mendapatkan capaian 67,2%.
Kata kunci: Keterampilan,Menggunakan, Demonstrasi.
Download berkas