SKRIPSI

Penulis / NIM
DEVY YULIANTY S. MAYULU / 151409455
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK DEVY YULIANTY S. MAYULU. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Masalah Sosial Melalui Metode Inquiry Di Kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Drs.H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si Pembimbing II: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi masalah sosial di Kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah sosial dengan menggunkan metode inquiry di kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Metode pembelajaran inqury dapat digunakan sebagai salah satu metode pembelajaran IPS karena meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS khususnya pada materi masalah sosial di kelas IV SDN 9 Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Hasil belajar siswa mata pelajaran IPS dalam materi masalah sosial pada tahap observasi awal dari 20 orang siswa hanya 6 orang atau 30% yang tuntas dalam pembelajaran sedangkan 14 orang atau 70% tidak tuntas. Pada siklus I hasil belajar siswa meningkat 13 orang siswa atau 65% yang tuntas, sedangkan 7 orang lainnya atau 35% tidak tuntas. Pada siklus II sebanyak 17 orang siswa atau 85% yang tuntas, sedangkan 3 orang lainnya atau 15% tidak tuntas.. Hipotesis penelitian yang menyatakan “jika digunakan metode inquiry maka hasil belajar siswa pada materi masalah sosial dalam pembelajaran IPS dapat ditingkatkan” dapat diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam materi maslah sosial dapat ditingkatkan melalui Motode Inquiry. Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Metode Inquiry
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011