Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
ABSTRAK
Munlian Olii, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penggunaan Uang Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Di Kelas III SDN 1 Sangkub I Kabupaten Bolmong Utara Sulawesi Utara. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS materi penggunaan uang di Kelas III SDN I Sangkub I Kabupaten Bolmong Utara Sulawesi Utara dapat meningkatkan hasil belajar siswa Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penggunaan uang dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas III SDN I Sangkub I Kabupaten Bolmong Utara Sulawesi Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian tindakan siklus I diperoleh pada jumlah siswa 22 orang yang memperoleh nilai 6,9 ke atas berjumlah 4 orang atau 19%, dan siswa yang memperoleh nilai 6,9 ke bawah berjumlah 18 orang siswa atau 81% dari jumlah keseluruhan siswa dengan rata rata hasil capaian 58,1%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana pada 22 orang siswa yang memperoleh nilai 8,0 ke atas berjumlah 19 orang atau 86,36 %, sedangkan dari 22 orang siswa yang memperoleh nilai 8,0 ke bawah berjumlah 3 orang atau 13,63% dengan rata rata hasil capaian 88,6%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD, maka hasil belajar IPS dalam materi Penggunaan Uang di kelas III SDN I Sangkub I Kabupaten Bolmong Utara Sulawesi Utara dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Kooperatif tipe STAD