ISMI A. OTUHU / 151409463
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
ABSTRAK
Ismi A. tuhu.2013. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Memerankan Tokoh Drama Pada Siswa Kelas V SDN 12 Limboto Kabupaten Gorontalo Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II. Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan metode bermain peran dalam memerankan tokoh drama, (2) Bagaimana dampak penerapan metode bermain peran terhadap kemampuan siswa memerankan tokoh drama pada siswa kelas V SDN 12 Limboto. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam memerankan tokoh drama pada siswa kelas V SDN 12 Limboto.
Dalam penelitian ini pendekatan yang dilakukan adalah melalui pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif deskriptif persentase. Berdasarkan data hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam memerankan tokoh drama. Peningkatan keterampilan siswa dalam bermain drama tampak pada kualitas proses pembelajaran yang ditunjukkan oleh keaktifan dan antusias siswa ketika memerankan tokoh drama sehingga dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, siswa merasa tidak bosan karena mereka harus terlibat aktif dan pembelajaran yang diajarkan secara bervariatif. Dalam hal ini siswa menjadi lebih mandiri dan tidak terlalu banyak bergantung pada guru. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam memerankan tokoh drama dapat membantu siswa dalam memahami serta memecahkan permasalahan ketika bermain drama.
Kata Kunci: tokoh drama, bermain peran