Penulis / NIM
EVALINE SHERLY IKAWATI KIYAI / 151409468
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK
Evaline Sherly Ikawati Kiyai. 2013. Skripsi. Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Materi Kedudukan dan Peran sebagai Anggota Keluarga Melalui Model Group Investigation di Kelas II SDN 20 Tibawa Kecamatan Tibawa. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Hi. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II: Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si.
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan model group investigation pemahaman siswa tentang materi kedudukan dan peran sebagai anggota keluarga di kelas II SDN 20 Tibawa Kecamatan Tibawa akan meningkat?” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan refleksi. Penetapan indikator kinerja pada penelitian ini adalah 80% siswa yang dikenai tindakan mendapat 80. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus. Berdasarkan data yang diperoleh mengenai pemahaman siswa tentang materi kedudukan dan peran sebagai anggota keluarga pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 21 orang dengan persentase 70% dan yang memperoleh 70 ke bawah berjumlah 9 orang atau 30% dan pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 28 orang atau 93% dan yang memproleh 70 ke bawah berjumlah 2 orang atau 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model group investigation dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang materi kedudukan dan peran sebagai anggota keluarga di kelas II SDN 20 Tibawa Kecamatan Tibawa.
Kata Kunci : Pemahaman, Kedudukan dan Peran sebagai Anggota Keluarga, Model Group Investigation
Download berkas