ABSTRAK
Naning Ismail, 2013. Deskripsi Tipe-tipe Kesalahan Menjumlahkan Bilangan Bulat di Kelas 1V SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana gambaran tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif melalui wawancara, tes, dan studi dokumentasi yang dilakukan oleh peneliti terhadap subjek penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat di kelas IV SDN 5 Telaga yaitu meliputi tipe kesalahan Corelles error yaitu kesalahan karena kecerobohan atau kurang cermat 173,3%, Weakness in process yaitu kesalahan dalam keterampilan proses 123,3%, dan Enconding error yaitu kesalahan dalam menggunakan notasi 113,3%.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa deskripsi tipe-tipe kesalahan menjumlahkan bilangan bulat yaitu meliputi tipe kesalahan Corelles error, Weakness in process dan Enconding error.
Kata kunci: Tipe-tipe Kesalahan, Menjumlahkan, dan Bilangan Bulat.