Penulis / NIM
						HALIMA NTEYA / 151409474
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
						Pembimbing 2 / NIDN
						Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
						Abstrak
						ABSTRAK
Halima Nteya.2013.Penerapan Teknik Percakapan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas III SDN 19 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi.JurusanPendidikan Guru SekolahDasar.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI.Sumarni Mohamad, S.Pd. M.Pd, Pembimbing II. Dr. JusufJafar, M.Pd.
Adapun permasalahandalampenelitianiniadalah:“Apakahkemampuanberkomunikasisiswakelas III SDN 19 LimbotoKabupatenGorontalodapatditingkatkanmelaluiteknikpercakapan?”Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatankemampuanberkomunikasimelaluiteknikpercakapanpadasiswakelas III SDN 19 LimbotoKabupatenGorontalo.”Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi.Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasidantesperbuatan tentang kemampuansiswa berkomunikasi.Teknikanalisis data dalam penelitianini menggunakananalisiskualitatifdananalisiskuantitatifdeskriptifpersentase.
Berdasarkanhasil penelitian diperoleh data padasiklusI siswa yang sudah mampu sebanyak12orangatau60%,danpadasiklus II siswa yang telahmampuberkomunikasisebanyak16orangatau80% sedangkan yang belummampusebanyak4orangatau  20%. Dari hasil penelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan teknik percakapan dapatmeningkatkankemampuansiswakelasIII SDN 19 Limboto Kabupaten Gorontalodalamberkomunikasi.
Kata Kunci	: komunikasi, danteknik percakapan
						Download berkas