Penulis / NIM
HALIMA NTEYA / 151409474
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Halima Nteya.2013.Penerapan Teknik Percakapan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Siswa Kelas III SDN 19 Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi.JurusanPendidikan Guru SekolahDasar.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. PembimbingI.Sumarni Mohamad, S.Pd. M.Pd, Pembimbing II. Dr. JusufJafar, M.Pd.
Adapun permasalahandalampenelitianiniadalah:“Apakahkemampuanberkomunikasisiswakelas III SDN 19 LimbotoKabupatenGorontalodapatditingkatkanmelaluiteknikpercakapan?”Tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatankemampuanberkomunikasimelaluiteknikpercakapanpadasiswakelas III SDN 19 LimbotoKabupatenGorontalo.”Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi.Teknik yang digunakandalampengumpulan data adalahobservasidantesperbuatan tentang kemampuansiswa berkomunikasi.Teknikanalisis data dalam penelitianini menggunakananalisiskualitatifdananalisiskuantitatifdeskriptifpersentase.
Berdasarkanhasil penelitian diperoleh data padasiklusI siswa yang sudah mampu sebanyak12orangatau60%,danpadasiklus II siswa yang telahmampuberkomunikasisebanyak16orangatau80% sedangkan yang belummampusebanyak4orangatau 20%. Dari hasil penelitiandapatdisimpulkanbahwapenerapan teknik percakapan dapatmeningkatkankemampuansiswakelasIII SDN 19 Limboto Kabupaten Gorontalodalamberkomunikasi.
Kata Kunci : komunikasi, danteknik percakapan
Download berkas