Penulis / NIM
MIMIN SARIPI / 151409475
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Mimin Saripi, 2014. Meningkatkan Kemampuan Menulis Ringkasan Teks Melalui Metode Pemberian Tugas Di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd, dan pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian adalah Apakah melalui metode pemberian tugas kemampuan menulis ringkasan teks siswa kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan ? Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan menulis ringkasan teks dengan menggunakan metode pemberian tugas di kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 ( dua ) siklus. Hasil penelitian ini pada siklus I yang meningkat ada 70 % atau 21 siswa, dan yang belum mampu 30 % atau 9 orang siswa. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan mencapai sejumlah 26 orang siswa atau 86.7 % yang sudah mampu dari 30 orang siswa, dan sejumlah 4 orang siswa atau 13.3 % yang belum mampu.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pemberian tugas di Kelas VI SDN 3 Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis ringkasan teks.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Ringkasan Teks, Pemberian Tugas
Download berkas