SKRIPSI

Penulis / NIM
NURHAWATIN BIGA / 151409481
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak

Deskripsi  Bentuk-Bentuk  Kesalahan  Dalam Menyelesaikan  Soal  Cerita  Volum  Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Sdn I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango

 

 

NURHAWATIN BIGA

NIM. 151 409 481

 

ABSTRAK

Nurhawatin Biga. 2013. Deskripsi  Bentuk-Bentuk  Kesalahan  Dalam Menyelesaikan  Soal  Cerita  Volum  Kubus Dan Balok Pada Siswa Kelas V Sdn I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd.,M.Pd. dan pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd.,M.Si.

 

Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN I Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kuantitatif.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa bentuk-bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita volum kubus dan balok pada siswa kelas V SDN 1 Suwawa Selatan Kabupaten Bone Bolango ditinjau dari empat aspek yakni kesalahan dalam memahami isi soal cerita, kesalahan siswa dalam menubah soal cerita kedalam kalimat matematika, kesalahan siswa dalam menyelesaikan kalimat matematika dan kesalahan siswa dalam menguji kembali kebenaran jawaban yang mereka temukan.  Kemampuan siswa untuk memahami isi soal cerita nampak bahwa siswa tidak dapat menuliskan apa yang diketahui dan apa yang ditanya dari isi soal cerita, siswa juga umumnya tidak dapat merumuskan kalimat sesuai konteks soal cerita, siswa juga mengalami kekeliruan dalam menerapkan aturan-aturan dan prinsip-prinsip yang berlaku terhadap operasi-operasi bilangan pada kalimat matematika dan siswa juga mengalami kesulitan dalam mensubsitusikan kesimpulan jawaban yang mereka peroleh ke dalam kalimat matematika yang mereka gunakan. 

 

Kata Kunci: Bentuk Kesalahan, Soal Cerita

 

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011