Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
ABSTRAK
Rahmi Talibo. 2014. Penggunaan Model Think Pair Share Dalam Meningkatkan
Kemampuan Membaca Cerpen siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas
Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II Dr. Jusuf Jafar,
M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model think pair share
dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV SDN I Suwawa
Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?”Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan model think pair share dalam meningkatkan kemampuan membaca cerpen siswa
kelas IV SDN I Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?”. Metode yang
digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis data secara kualitatif
yang dilakukan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada
siklus I kemampuan siswa membaca cerpen sebanyak 10 siswa atau 50%. Sedangkan siswa
yang tidak mampu sebanyak 10 siswa atau 50% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata yang
dicapai oleh 20 siswa adalah 71.2. siswa yang telah mampu dalam membaca cerpen sebanyak
25 siswa atau 75% sedangkan yang tidak mampu sebanyak 5 siswa atau 25%. Dengan
demikian dapat simpulkan bahwa penggunaan model think pair share dalam meningkatkan
kemampuan membaca cerpen siswa kelas IV SDN 1 Suwawa Kabupaten Bone Bolango dapat
meningkat.
Kata Kunci : Membaca Cerpen. Model Think Pair Share.