Penulis / NIM
NOVITA BILALEYA / 151409487
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
NovitaBilaleya, 2015. Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas III SDN 25 Dungingi Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd, danPembimbing II, Irvin NovitaArifin, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana hasil penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 25 Dungingi Kota Gorontalo. Tujuan penelitian iniadalah untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 25 Dungingi Kota Gorontalo.Adapunmetode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan informasi ilmiah melalui data kualitatif, yang selanjutnya dipaparkan secara deskriprif.
Dari hasil penelitian wawancara guru dan siswa diperoleh gambaran bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA mulai diterapkan pada kelas III awal semester genap. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dikemukakan dapat disimpulkan sebagai berikut penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran IPA di kelas III SDN 25 Dungingi Kota Gorontalo dalam pembelajaran diantaranya adalah menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan, mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata peserta didik, halinilah yang membantu guru dalam memotivasi siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA
Kata Kunci : model pembelajarankontekstual
Download berkas