Penulis / NIM
YOMANSA AMARA / 151409490
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Yomansa Amara. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Penerapan Sifat Cahaya Melalui Metode Eksperimen Di Kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo. (Skripsi). Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H.Abdul Haris PanaI, S.Pd, MPd Pembimbing II: Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa pada materi penerapan sifat cahaya di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penerapan sifat cahaya di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo melalui metode eksperimen.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberikan tindakan berulang, baik pada siklus 1 maupun siklus 2, hasil belajar siswa pada materi penerapan sifat cahaya mengalami peningkatan yang cukup signifikan.Hal ini berarti bahwa penerapan metode eksperimen sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penerapan sifat-sifat cahaya di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo.Hipotesis tindakan dalam penelitian yang berbunyi Jika metode eksperimen digunakan dalam pembelajaran tentang penerapan sifat cahaya, maka hasil belajar siswa di kelas V SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dinyatakan meningkat maka penelitian ini dinyatakan berhasil atau hipotesisnya diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penerapan sifat-sifat cahaya.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Penerapan Sifat-Sifat Cahaya
Download berkas