Penulis / NIM
FERAWATI LASEWA / 151409494
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Ferawati Lasewa. 2013. Dengan Skripsi Berjudul “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Proses Daur Air Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo” Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI,S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air di kelas V SDN 4 Telaga Kecamatan TelagaKabupaten Gorontalo?.Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air melalui media audio visualdi kelas V SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 36 siswa kelas V.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan media audio visual, maka hasil belajar siswa pada materi proses daur air di kelas V SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo akan meningkat”. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada siklus Iyang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal pada mata pelajaran IPA yang telah ditetapkan sekolah yakni 70 sebanyak 12 siswa dengan persentase 33% dengan daya serap 65%, sedangkan pada Siklus II mengalami peningkatan yaitu 28 siswa dengan persentase 78% dengan daya serap siswa 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi proses daur air di kelas V SDN 4 Telaga Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo“diterima atau berhasil.
Kata Kunci : Hasil belajar, proses daur air, media audio visual.
Download berkas