Penulis / NIM
ASTANOVIA HANAPI / 151409497
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
ASTANOVIA HANAPI. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ipa Tentang Sifat – Sifat Cahaya Melalui Metode Bamboo Dancing Di
Kelas V SDN No. 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Pembimbing 1 Bapak Drs. H.
Haris Mahmud,S.Pd,M.Si dan Pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd,M.Pd.
Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah Apakah hasil belajar siswa tentang
Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Bamboo Dancing pada. Pembelajaran IPA di
Kelas V SDN No.84 Kota Tengah Kota Gorontalo, akan meningkat ?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang Sifat-Sifat
Cahaya Melalui Metode Bamboo Dancing pada. Pembelajaran IPA di Kelas V SDN
No.84 Kota Tengah Kota Gorontalo.
Penelitian ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan Metode Pengumpulan
Data yang di Gunakan adalah Tes dan Dokumentasi. Adapun siswa yang di jadikan
Sebagi Objek penelitian adalah Siswa Kelas V dengan jumlah Siswa sebanyak 24
orang yang terdiri dari 8 Orang Siswa Laki-laki dan 16 Orang Siswa Perempuan.
Pelaksanaan tindakan dilakukan sebanyak 2 siklus. Persentasi Tuntas pada Siklus I
mencapai 71 %, kemudian pada Siklus II meningkat menjadi 92 %.
Berdasarkan hasil Penelitian dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan Metode
Bamboo Dancing hasil belajar Siswa pada pembelajaran IPA tentang Sifat-Sifat
Cahaya dapat di tingkatkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Sifat – Sifat Cahaya, Metode Bamboo Dancing.
Download berkas