Penulis / NIM
ARJUNA M. NUR / 151409499
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
Arjuna M. Nur, 2013. Meningkatkan kemampuan siswa berbicara Bahasa Gorontalo, melalui metode bermain peran pada Kelas IV SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Hj Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II: Dra. Hj. Evi Hasim M.Pd. Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Kemampuan siswa berbicara bahasa Gorontalo di Kelas IV SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara bahasa Gorontalo melalui Metode Bermain Peran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus yaitu Siklus 1 dan Siklus II. Berdasarkan data dari observasi awal dalam aspek kosakata, struktur kalimat, lafal dan intonasi yang mampu ada 3 orang atau 20% yang kurang mampu ada 4 orang atau 27% dan yang tidak mampu 8 orang atau 53%. Pada siklus I dalam aspek kosakata, struktur kalimat lafal dan intonasi yang mampu ada 7 orang atau 47% yang kurang mampu ada 6 orang atau 40% dan tidak mampu 2 orang atau 13%. Pada siklus II ada 11 orang atau 73% yang kurang mampu ada 3 orang atau 20% dan yang tidak mampu ada 1 orang atau 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa berbicara bahasa Gorontalo di kelas IV SDN 5 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Bermain Peran, Berbicara Bahasa Gorontalo.
Download berkas