SKRIPSI

Penulis / NIM
SUSANTI SURATINOYO / 151409502
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK Susanti Suratinoyo. Skripsi "Skripsi yang berjudul Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Bercerita Berpasangan pada Siswa Kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 - PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran bercerita berpasangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, Tahap penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 orang siswa, yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 10 orang siswa atau 50% dan yang memperoleh nilai kurang sebanyak 10 orang siswa atau 50%. Atau rata-rata perolehan 73,35% Hasil capaian siklus II melebihi target yang telah ditetapkan di antara siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 16 orang atau 80% dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah sebanyak 4 orang atau 20% atau rata-rata perolehan 93,4%. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima. Kata Kunci : Keterampilan berbicara, bercerita berpasangan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011