Penulis / NIM
SUSANTI SURATINOYO / 151409502
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Susanti Suratinoyo. Skripsi "Skripsi yang berjudul Meningkatkan Keterampilan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Bercerita Berpasangan pada Siswa Kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo". Program Studi S1 - PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SDN 2 Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo melalui model pembelajaran bercerita berpasangan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo dengan subjek penelitian siswa kelas V yang berjumlah 20 orang, Tahap penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I dari 20 orang siswa, yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 10 orang siswa atau 50% dan yang memperoleh nilai kurang sebanyak 10 orang siswa atau 50%. Atau rata-rata perolehan 73,35% Hasil capaian siklus II melebihi target yang telah ditetapkan di antara siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas sebanyak 16 orang atau 80% dan yang memperoleh nilai 70 ke bawah sebanyak 4 orang atau 20% atau rata-rata perolehan 93,4%.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bercerita berpasangan dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas V SDN Hepuhulawa Kabupaten Gorontalo. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Keterampilan berbicara, bercerita berpasangan.
Download berkas