SKRIPSI

Penulis / NIM
RAPLIN K. PAKAYA / 151409505
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK Raplin K Pakaya. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa tentang Magnet melalui Metode Eksperimen di Kelas V SDN 2 Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan Kab. Gorontalo Utara”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, (2) Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini apakah melalui metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang magnet di kelas V SDN 2 Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan Kab. Gorontalo Utara?. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang magnet di kelas V SDN 2 Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan Kab. Gorontalo Utara melalui penerapan metode eksperimen. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran tentang magnet guru menggunakan metode eksperimen, maka hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan Kab. Gorontalo Utara akan meningkat. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Ponelo Kec. Ponelo Kepulauan Kab. Gorontalo Utara pada pembelajaran tentang magnet dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus I dari 20 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 13 orang siswa yang memperoleh nilai 75-100 atau sebanyak 65%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 20 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 75-100 berjumlah 18 orang atau 90%. Hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu untuk hasil belajar siswa minimal 80% dari seluruh siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai lebih dari 75 pada materi sajian dengan daya serap mencapai 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah metode eksperimen sangat baik digunakan dalam pembelajaran tentang magnet di kelas V. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik. Kata Kunci: Hasil, Belajar, Metode, Eksperimen
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011