Penulis / NIM
SAMUEL L. MANTIAHA / 151409506
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Samuel L. Mantiaha, 2013.Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gerak Benda Melalui Metode Demonstrasi Di Kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gerak benda di kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara? Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi gerak benda melalui metode demonstrasi di Di Kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun hipotesis tindakan yang diajukan dalam penelitian ini adalah jika dalam pembelajaran materi tentang gerak benda digunakan metode demonstrasi maka hasil belajar siswa di kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum pada materi gerak benda yang telah ditetapkan sekolah yakni 60 sebanyak 9 siswa dengan presentase 60%. Sedangkan pada siklus II siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan sebanyak 14 siswa dengan presentase 93,33%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gerak benda kelas III SDN 2 Tudi Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Gerak Benda, Metode Demonstrasi
Download berkas