Penulis / NIM
SUPRATMAN BOBIHU / 151409509
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
SupratmanBobihu. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Media Visual LCD pada Materi Peristiwa Alam Beserta Dampaknya di Kelas V SDN 2 Biau Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan Penmbimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa melalui media visual LCD yang dilaksanakan dalam 2 Siklus, dan instrument penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Jika media visual diterapkan pada materi peristiwa alam beserta dampaknya, maka hasil belajar siswa kelas V SDN 2 Biau akan meningkat” Hasil pengamatan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 61 dan padasiklus II meningkat menjadi 88,8. Hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 38,5 dan siklus II mencapai 84,7. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 71,9 %, rata-rata kelas mencapai 71,9 dan siswa yang memperolehnilai75ke atas 66 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 86,7 %, rata-rata kelas 83,75 dan daya serap klasikal 83,75 %. Dengan melihat hasil siklus II, maka disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media visual LCD dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Visual LCD, Hasil Belajar
Download berkas