Penulis / NIM
HERMAN DIKO / 151409510
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Herman Diko. 2013. Penerapan Sanksi Berjenjang Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Di Kelas IV SDN I Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara.Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Sanksi Berjenjang Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SDN I Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara?” tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan sanksi berjenjang dalam meningkatkan disiplin siswa pada mata pelajaran PKn di Kelas IV SDN I Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo Utara.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang dilakukandi kelas IV SDN 1 Tolinggula Ulu Kabupaten Gorontalo.Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa melalui penerapan sanksi secara berjenjang dapat meningkatkan disiplin siswa kelas IV SDN I Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.Penerapan sanksi secara berjenjang dapat meningkatkan rasa tanggung jawab siswa kelas IVSDN I Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara.Penerapan sanksi berjenjang kepada siswa kelas IVSDN I Tolinggula Ulu Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara sikap dan pola tingkah laku siswa mengalami perubahan dari yang kurang berdisplin menjadi berdisiplin serta bertanggung jawab.
Kata Kunci : Sanksi Berjenjang, Disiplin Siswa, Mata Pelajaran PKn.
Download berkas