SKRIPSI

Penulis / NIM
MAHYUDIN R. GANI / 151409511
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Abstrak
ABSTRAK MAHYUDIN GANI, 2013. "Meningkatkan Motivasi Belajar SiswaMengenal Masalah Sosial Dengan Menggunakan Model STAD Pada Pembelajaran IPS Kelas IV SDN I Dunu Kec. Monano". Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Gorontalo Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini apakah dengan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi belajar siswa khususnya materi masalah-masalah sosial di kelas IV SDN I Dunu Kecamatan Monano Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 24 siswa terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data hasil penelitian ini di analisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran STAD dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPS materi masalah-masalah sosial. Hal ini ditunjukkan dari motivasi positif siswa yang sebelumnya pada pembelajaran siklus I 35,49% meningkat pada pada pembelajaran siklus II yang mencapai 53,71%. Meningkatnya motivasi belajar siswa berimbas pada peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan adanya ketuntasan hasil belajar pada pembelajaran siklus I 16 siswa atau 66,67% sedangkan yang tidak tuntas 8 siswa atau 33,33% dan meningkat pada pembelajaran siklus II yang mencapai 21 siswa atau 87,50% siswa yang mencapai ketuntasan dari KKM 70 yang telah ditetapkan dan masih terdapat 3 atau 12,50 siswa yang tidak tuntas. Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu jika 83,33% atau 25 dari 30 siswa yang sudah memahami materi masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS. Disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yaitu jika digunakan metode Problem Based Learning (PBL) maka pemahaman siswa dalam mengenal masalah-masalah sosial pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN I Dunu Kec. Monano dapat ditingkatkan, diterima. Kata Kunci : Motivasi, IPS, Model Pembelajaran STAD
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011