Penulis / NIM
ANITA ABUSAMAD / 151409515
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK
Anita Abusamad. NIM. 151 409 515. Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PKn di SDN 1 Ilomata Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo 2013.
Permasalahan dari penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PKn ?”
Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PKn ?
Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan deskriptif kualitatif, dimana menggambarkan bagaimanakah Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Pembelajaran PKn di SDN 1 Ilomata Kecamatan Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara
Pembelajaran kooperative Tipe Jigsaw yang dilaksanakan di SDN I Ilomata telah memberikan hasil yang signifikan dalam peningkatan hasil pembelajaran siswa. Hasil observasi pada pembelajaran siswa menunjukkan bahwa siswa masih merasa asing dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Hal ini terlihat pada pertemuan pertama, siswa masih merasa asing dengan model pembelajaran ini dan masih kelihatan kaku dalam melakukan prosedur model pembelajaran ini, sehingga dalam keadaan ini suasana kelas ini terlihat gaduh. Untuk mengatasinya guru memberikan informasi yang lebih detail kepada siswa disaat mereka mulai kebingungan dalam kegiatan pembelajaran ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan metode ini butuh kegigihan, insiatif, kreatifitas tersendiri bagi pendidik. Kerena butuh persiapan yang cukup mendalam baik persiapan Silabu RPP dan perangkat lainnya, maupun pengorganisasian kelas dan peserta didik.
Download berkas