Penulis / NIM
HALIM UWENTE / 151409516
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Halim Uwente 2014, Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Rangka manusia dengan Menggunakan Model PembelajaranInkuiri di Kelas IV SDN I Bulontio Barat. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II Irvin NovitaArifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitianinibermaksudmeningkatkanhasilbelajarsiswa menggunakan model pembelajaran inkuiri yang dilaksanakandalam 2 Siklus, dan instrument penelitian yang digunakanadalahlembarpengamatankegiatan guru, lembarpengamatansiswadananalisishasilbelajarsiswa.Hasilpengamatankegiatan guru padasiklus I diperoleh25danpadasiklus II meningkatmenjadi85.Hasilpengamatankegiatansiswa pada siklus I diperoleh4,55 dan siklus II mencapai 86,54. Siklus I hasilbelajarsiswadiperolehdayaserapklasikalsiswa65,93%, rata-rata kelasmencapai 65,93 dan siswa yang memperolehnilai75ke atas 33,33 %. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 81,48 %, rata-rata kelas 81,29 dan daya serap klasikal 81,29 %. Dari data tersebut diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada materi rangka manusia dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas IV SDN I Bulontio Barat Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan.
Kata Kunci: Inkuiri, HasilBelajar
Download berkas