Penulis / NIM
IRAWATI / 151409522
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Irawati. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Proses Pembentukan Tanah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatf Tipe STAD di Kelas V SDN I Biau Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dilaksanakan sebanyak 2 Siklus, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Jika peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada konsep proses pembentukan tanah, maka hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Biau Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara akan meningkat. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 50 dan pada siklus II meningkat menjadi 95,8. Kemudian hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 41,30 dan siklus II mencapai 91,3. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 72,39 %, rata-rata kelas mencapai 72,38 dan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 61,22 % atau 30 orang siswa. Sementara pada siklus II yang memperoleh 75 ke atas 83,67 % atau 41 orang siswa, rata-rata kelas 80,61 dan daya serap klasikal 80,61 %. Dengan melihat data pada siklus I dan siklus II, maka disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa meningkat.
Kata Kunci: STAD, Hasil Belajar
Download berkas