SKRIPSI

Penulis / NIM
YUNANGSI SAMSI / 151409523
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK SAMSI YUNANGSI, 2017. "Meningkatkan Hasil Belajar siswa materi permasalahan sosial lingkungan hidup melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Ibu Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Ibu Nurhayati Tine, S.Pd.I, M.H.I Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian adalah "Apakah model Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi permasalahan sosial lingkungan hidup di kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kec.Sumalata Kab.Gorontalo Utara".Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi permasalahan sosial lingkungan hidup melalui model Team Assisted Individualization (TAI) di kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 16 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan observasi, dan refleksi. Berdasarkan data penelitian menunjukkan bahwa perolehan nilai pengamatan hasil belajar siswa belajar menggunakan model TAI siklus I yaitu 3210 rata-rata 66.88 meningkat pada siklus II Yaitu 4020 rata-rata 83.75. Begitu juga dengan frekuensi dan persentase ketuntasan belajar siswa siklus I dan siklus II meningkat. Pada siklus I terdapat 6 siswa 37.5% berada pada kategori tuntas meningkat 16 siswa 100% pada siklus II. Pada siklus I terdapat 10 atau 62.5% yang berada pada kategori tidak tuntas dan menurun pada siklus II dengan tidak ada siswa pada kategori tidak tuntas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar belajar siswa pada materi permasalahan sosial lingkungan hidup melalui Model Team Assisted Individualization (TAI) siswa kelas IV SDN 3 Bulontio Timur Kecamatan Sumalata Kabupaten Gorontalo Utara. Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011