Penulis / NIM
MAHMUD HIPPI / 151409525
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Mahmud Hippi. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya melalui metode eksperimen di Kelas V SDN 2 Biau Kecamatan Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abd. Haris PanaI, S.Pd,M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd,M.Pd.
Masalah dalam penelitian tindkan kelas ini adalah apakah hasil belajar siswa di kelas V SDN 2 Biau Kecamatan Biau Kabuten Gorontalo utara pada konsep sifat sifat cahaya dan pemanfaatannya akan meningkat ? Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen dan instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar pengamatan kegiatan guru, lembar pengamatan siswa dan analisis hasil belajar siswa. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini dapat di rumuskan bahwa jika metode eksperimen diterapkan pada pembelajaran sifat sifat cahaya dan pemanfaatannya,maka hasil belajar akan meningkat. Hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 35,7 dan pada siklus II meningkat menjadi 60. Kemudian hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 66,7 dan siklus II mencapai 83,3. Siklus I hasil belajar siswa diperoleh daya serap klasikal siswa 60 pada siklus II yang diperoleh daya serap klasikal 80,13 %. Berdasarkan hasil yang telah diperoleh, maka disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen pada konsep sifat-sifat cahaya dan pemanfaatannya di kelas V SDN 2 Biau Kabupaten Gorontalo Utara telah meningkatan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Metode Eksperimen, Sifat-sifat Cahaya, Hasil Belajar
Download berkas