Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
ABSTRAK
Arfan Jusuf. 2013. Meningkatkan Keterampilan Siswa Menulis Karangan Deskripsi Melalui Metode Karyawisata di Kelas IV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M. Pd dan Pembimbing II Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan deskripsi di Kelas IV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan deskripsi melalui Metode Karyawisata pada siswa kelas IV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Tindakan Kelas dengan menggunakan analisis data secara kulitataif yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 11 orang atau ketuntasan sebesar 68.75% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 15 orang atau ketuntasan sebesar 93.75%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penggunaan metode karyawisata dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis karangan di kelas IV SDN 2 Titidu Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Menulis Karangan Deskripsi, Metode Karyawisata