ABSTRAK
MISNAWATY BULA, 2013. “Meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi melalui model Numbered Heads Together (NHT) kelas IV SDN 2 Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara”. Dibimbing oleh Ibu Dra. Elmia Umar, M.Pd dan Ibu Nurhayati Tine, S.Pdi M.Hi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian adal ah “Apakah model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi kelas IV SDN 2 Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi melalui model Numbered Heads Together (NHT) kelas IV SDN 2 Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Sasaran penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Leboto Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dengan jumlah 20 siswa.
Penelitian ini dilaksanakan dua siklus dan terdiri empat komponen yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari aspek kepuasan, relevansi, perhatian dan kepercayaan diri. Berdasarkan penelitian perolehan hasil kegiatan belajar IPS siswa siklus I yaitu jumlah 1328 rata-rata 66.45 meningkat pada siklus II yaitu jumlah 1702 rata-rata 85.10. Peningkatan motivasi belajar siswa siklus I dan siklus II telah meningkat. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS materi perkembangan teknologi produksi kelas IV SDN 2 Leboto Kec. Kwandang Kab. Gorontalo Utara melalui model Numbered Heads Together (NHT).
Kata Kunci : Motivasi Belajar Siswa, Perkembangan Teknologi Produksi,
Melalui Model Numbered Heads Together (NHT)