SKRIPSI

Penulis / NIM
ERIS KUSMIRAN S. ALIWU / 151409534
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Eris Kusmiran S. Aliwu, Nim. 151409534. Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Materi Menghargai dan Menaati Keputusan Bersama Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) di Kelas V SDN 1 Limbato Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara, 2016. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing (1), Dra. Elmia Umar, M.Pd, (2). Nurhayati Tine, S.PdI. M.HI. Permasalahan dalam penelitian ini yakni: 1). Minat belajar siswa kelas V masih rendah, 2). Metode belajar guru masih monoton ceramah, 3). Kurangnya interaksi antara siswa dan guru, 4). Guru belum menggunakan metode Bermain Peran (Role Playing). Tujuan Penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan minat Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Melalui Metode Pembelajaran Bermain Peran (Role Playing) di Kelas V SDN 1 Limbato Kecamatan Tolinggula Kabupaten Gorontalo Utara dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat langkah yakni tahap perencanaan, tahap tindakan, observasi dan tahap refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal dalam penelitian ini antara lain minat belajar siswa pada observasi awal terlihat bahwa dari 21 orang siswa tersebut hanya 7 orang siswa (33%) yang memiliki keinginan kuat belajar dengan baik di kelas, dan 14 orang siswa (67%) yang masih rendah minat belajarnya, untuk itu upaya pelaksanaan tindakan siklus I diadakan. Setelah tindakan siklus I terlihat ada perubahan, tetapi hanya 8 orang siswa (38%) yang berminat sedangkan 13 siswa lainnya (62%) masih sangat rendah keinginan untuk belajar. Dari upaya tindakan siklus I belum optimal, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II dengan hasil yang sangat memuaskan. Hal ini terlihat pada perubahan yang sangat signifikan yakni dari keseluruhan jumlah siswa 21 orang terdapat 18 siswa (86%) yang berminat sedang sisanya hanya 3 orang siswa (14%) tidak berminat, sehingga pelaksanaan tindakan tidak dilanjutka atau dinyatakan tuntas. Kata Kunci: Belajar, Minat Belajar, Metode Pembelajaran, Metode Bermain Peran (Role Playing)
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011