Penulis / NIM
						ISMAIL IBRAHIM / 151409535
						Program Studi
						S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
						Pembimbing 1 / NIDN
						Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
						Pembimbing 2 / NIDN
						SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
						Abstrak
						ISMAIL IBRAHIM, 2014. "Penerapan Metode Pembelajaran Inquiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PKn Dalam Materi Globalisasi Di Kelas IV SDN 1 Ipilo Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara". Jurusan pendidikan guru sekolah dasar Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan yang ingi dikaji dalam penelitian ini apakah dengan metode pembelajaran inquiri dapat mrningkatkan motivasi siswa khususnya pada materi globalisasi di Kls IV SDN 1 Ipilo Kecamatan Gentuma Raya Kabupaten Gorontalo Utara yang berjumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki  dan 10 siswa perempuan. Data hasil penelitian ini dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa telah tercapai peningkatan motivasi siswa pada pembelajaran PKn khususnya pada materi globalisasasi dengan variabel dapat menjelaskan pengertian globalisasi, dapat menyebutkan manfaat dan bentuk globalisasi, dapat menjelaskan perilaku positif pada globalisasi, dan  dapat menyebutkan contoh-contoh budaya pada globalisasi. Peningkatan yang terjadai dapat dilihat dari hasil angket siswa terhadap pembelajaran, dimana pada siklus II terjadi peningkatan dari siklus sebelumnya, 4 aspek penilaian peneliti mendapatkan skor 13 dengan nilai 81,25.
Peningkatan motivasi yang terjadi pada siklus II berimbas juga pada hasil ketuntasan belajar. Dari penerapan metode pembelajaran Inquiri pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran PKn khususnya pada materi globalisasi setiap siklusnya. Pada tindakan siklus I siswa yang mencapai ketuntasan belajar mencapai 15 siswa dari 25 siswa atau  60% yang mencapai KKM (tuntas), dan 10 siswa  atau 40% yang belum mencapai KKM (belum tuntas). Akan  tetapi, setelah diupayakan kekurangan-kekurangan pada tindakan siklus II mencapai 21 siswa dari 25 siswa 84% yang mencapai KKM.
Dengan demikian indikator kinerja yang telah ditetapkan yaitu jika motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi globalisasi pada pembelajaran PKn mengalami peningkatan 80% atau 20 siswa dari 25 siswa yang mencapai KKM (Nilai 70), disamping itu hipotesis tindakan yang telah dirumuskan yaitu jika digunakan Metode Inquiri, maka motivasi belajar siswa dalam materi Globalisasi pada pembelajaran PKn di kelas IV SDN I Ipilo Kecamatan Gentuma Raya dapat ditingkatkan, diterima.
Kata Kunci : Motivasi, Metode Pembelajaran Inquir
						Download berkas