Penulis / NIM
FITRIBAYUR LINA MUHDAR / 151409537
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
ABSTRAK
Fitri Bayur Lina Muhdar. 2013. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Masalah Sosial Pada Pembelajaran IPS Melalui Model Group Investigation di kelas IV SDN 1 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dra. Hj Hakop Walangadi, M.Si (2) Drs. H. Haris Mahmud, M.Si
Permasalahan dalam penelitian ini Apakah penggunaan model group investigation dapat meningkatkan minat belajar siswa materi masalah sosial pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPS materi masalah sosial melalui model pembelajaran group investigation di kelas IV SDN SDN 1 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini terdiri atas 2 siklus dengan hasil pada siklus I, siswa yang berminat dalam materi ini hanya terdapat 11 orang siswa atau 52,38% yang telah memiliki minat belajar sesuai pengamatan pada tiga indikator minat dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 20 orang siswa atau 95,24% sudah berminat pada materi ini. Simpulan dari Penelitian ini adalah penggunaan model Group Investigation sangat membantu guru dalam menanamkan materi masalah sosial pada pembelajaran IPS di Kelas IV SDN 1 Dambalo Kecamatan Tomilito Kabupaten Gorontalo Utara khususnya peningkatan minat belajar siswa.
Kata Kunci: Minat belajar siswa dan Model Pembelajaran Group Investigation
Download berkas