Penulis / NIM
SERSI PULUMUDUYO / 151409538
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Sersi Pulumuduyo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Melalui Model Picture and Picture di Kelas IV SDN 2 Dulukapa Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I: Prof.Dr.H.Abdul Haris PanaI, S.Pd,M.Pd, Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di Kelas IV SDN 2 Dulukapa Kabupaten Gorontalo Utara? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam melalui model picture and picture di kelas IV SDN 2 Dulukapa Kabupaten Gorontalo Utara. Adapun hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah ”Jika dalam pembelajaran IPA materi sumber daya alam digunakan model picture and picture, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 2 Dulukapa akan meningkat’’. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sumber daya alam di kelas IV SDN 2 Dulukapa Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran picture and picture
Download berkas