Penulis / NIM
MUHAMAD HAMZAH / 151409540
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Muhamad Hamzah. 2014. Meningkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI,S.Pd. M.Pd dan pembimbing II Samsi Pomalingo, S.Ag. MA. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara dapat ditingkatkan?” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Kemampuan Mengoperasikan Komputer melalui Metode Drill pada pada pelajaran TIK di Kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil observasi awal yang mampu 8 orang atau dengan persentasi sebesar 40%, pada siklus I yang mampu 14 orang atau dengan persentasi sebesar 70% dan pada siklus II meningkat yang mampu 18 orang dengan persentasi sebesar 90%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa melalui metode Drill pada pelajaran TIK, guru dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan komputer di kelas V SD Negeri 1 Moluo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa, Mengoperasikan Komputer, Metode Drill.
Download berkas