Penulis / NIM
YULIYANTY BOBIHOE / 151409541
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Yuliyanti Bobihoe. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Energi Bunyi Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN I Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini yaitu, apakah penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada energi bunyi di kelas IV SDN 1 Biau Kabupaten Gorontalo Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang hasil belajar siswa pada materi Energi Bunyi dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Hipotesis penelitian ini adalah jika menggunakan pendekatan keterampilan proses, maka hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 1 Biau akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah dilakukan tindakan siklus I maupun tindakan siklus II sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dari hasil pengamatan kegiatan guru pada siklus I diperoleh 50 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,8. Kemudian hasil pengamatan kegiatan siswa pada siklus I diperoleh 38,43, dan siklus II meningkat menjadi 84,4. Untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh daya serap klasikal 70,24%, rata-rata kelas mencapai 70,24 dan siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas 68 % atau 17 orang siswa. Sementara pada siklus II yang memperoleh nilai 75 keata atau 23 orang siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Keterampilan Proses, Hasil Belajar
Download berkas