Penulis / NIM
HESTI HILAHAPA / 151410002
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Hesti Hilahapa. 2017. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Bangun Ruang Sederhana melalui Media Visual di Kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Asni Ilham, S.Pd., M.Si. Pembimbing II: Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd.
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah "Apakah media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana pada siswa kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana di kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo dengan menggunakan media visual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilaksanakan dalam 2 (dua) siklus.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana dengan menggunakan media visual berjumlah 24 siswa atau 72,73%, sedangkan siswa yang belum mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana berjumlah 9 siswa atau 27,77%. Data siklus II menunjukkan bahwa dari 33 siswa yang dikenai tindakan, siswa yang telah mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana dengan menggunakan media visual berjumlah 30 siswa atau 90,91%, sedangkan siswa yang belum mampu mengidentifikasi bangun ruang sederhana berjumlah 3 siswa atau 9,1%. Berdasarkan hasil penelitian maka disimpulkan bahwa media visual dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi bangun ruang sederhana di kelas I SDN 51 Dumbo Raya Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sederhana, Media Visual
Download berkas