Penulis / NIM
LULUK NURJANAH / 151410011
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
LULUK NURJANAH. 2015. Peranan Media Meqip Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Biasa di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. H.j Asni Ilham S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Ismail Pioke.
Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Peranan Media Meqip Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Biasa Di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo? Dengan tujuan untuk perananan Media Meqip Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan Pecahan Biasa di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian ini adalah deskrptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil observasi yag telah dilakukan di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo telah tersedia berbagai media meqip untuk pembelajaran pecahan. Selain itu, dari hasil wawancara dengan guru dan siswa mereka menyadari pentingnya peran media meqip dalam pembelajaran pecahan namun dari hasil belajar siswa rata-rata 6,90 dan 7,04 ini menunjukkan bahwa peran media masih perlu dioptimalkan sesuai dengan peranannya.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah peranan media meqip dalam meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan pecahan di SDN 84 Kota Tengah Kota Gorontalo adalah media meqip sudah difungsikan sesuai dengan peranannya serta mempunyai peranan penting dalam meningkatkan pemahaman kosep penjumlahan pecahan.
Kata kunci : Peranan, media, meqip, pemahaman, konsep, penjumlahan, pecahan biasa.
Download berkas