Penulis / NIM
MOH. JENLI ABBAS / 151410012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSI POMALINGO, S.Ag.MA / 0020057605
Abstrak
ABSTRAK
Moh. Jenli Abbas (Jenli) 2014. Peran Sekolah dalam Mengelola Sumber Belajar di SDN 04 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Ilmu Hukum dan Kemasyarakatan Fakultas Ilmu Sosial Unversitas Negeri Gorontalo, di bawah bimbingan Dra. Ha. Hakob Walangadi M.Si dan Samsi Pomalingo S.Ag, MA
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu bagaimana peran sekolah dalam mengelola sumber belajar di SDN 04 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dan bagaimana mengembangkan sumber belajar di SDN 04 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo. Berdasarkan permasalahan tersebut maka tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu ingin mengkaji seberapa besar Peran Sekolah Dalam Mengelola Sumber Belajar Di SDN 4 Batudaa Pantai.
Hasil Penelitian menujukkan bahwa peran sekolah dalam mengelola sumber belajar di SDN 04 Batudaan Pantai telah dilaksanakan sesuai prosedur tetapi masih terdapat sebagian yang belum dilaksanakan secara optimal. Adapun aspek yang telah dilaskanakan secara optimal adalah perencanaan sumber belajar,perawatan, evaluasi dan pelaporan sumber belajar. Pengelolaan sumber belajar yang belum optimal adalah peran Sekolah dalam Pengadaan Sumber Belajar, Pencairan Dana, Pengadaan dan Pembuatan laporan Pertanggung Jawaban. Sumber belajar di SDN 04 Batudaa Pantai Kabupaten Gorontalo dapat diklasifikasi dalam 2 klasfikasi yaitu sumber belajar dalam ruangan dan sumber belajar di luar ruangan. Jenis sumber belajar dalam rauangan di SDN 04 Batudaan Pantai berupa buku Pembelajaran,media Pembelajaran, Alat Pembelajaran Seni dan Alat Pembelajaran Olah Raga. Sumber belajar di luar yaitu taman Sekolah, Kebun Sekolah Kolam Sekolah dan lapangan olah raga.
Kata Kunci: Peran Sekolah, Sumber Belajar
Download berkas