Penulis / NIM
AYU RESTU PRATIWI ABDULLAH / 151410016
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. SUKIRMAN RAHIM, S.Pd, M.Si / 0029077604
Pembimbing 2 / NIDN
GAMAR ABDULLAH, S.Si., M.Pd / 0025128202
Abstrak
ABSTRAK
Abdullah, Ayu Restu Pratiwi 2017. Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Konsep Energi Alternatif di Kelas 4 MIM Unggulan Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing: (1) Dr. Sukirman Rahim, S.Pd, M.Si (2) Gamar Abdullah, S.Si, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mendiskripsikan penerapan model pembelajaran inkuiri pada pembelajaran SAINS dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MIM Wumialo Kota Gorontalo, (2) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar SAINS pada siswa kelas 4 MIM Wumialo Kota Gorontalo dengan penerapan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah 27 siswa kelas 4 MIM Wumialo Kota Gorontalo. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi, tes dan dokumentasi. Penerapan model pembelajaran inkuiri menunjukkan hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata dari 66,8 pada observasi awal menjadi, 71,7 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 71,7 menjadi 82,4. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 MIM Wumialo Kota Gorontalo materi konsep energi alternatif. Penerapan pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPA akan membuat siswa mengetahui dan mengingat materi yang diperoleh lebih lama.
Kata kunci: Model Inkuiri, Pembelajaran IPA, Hasil Belajar
Download berkas