Penulis / NIM
FATMAWATI S. TANGGUDA / 151410018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
Fatmawati S.Tangguda.2014. Skripsi. Analisis Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Ditinjau Dari Faktor Lingkungan Siswa Kelas II SDN 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Ratnarti Pahrun, M.pd. Pembimbing II Dr.Yusuf Jafar, M.pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah kemampuan membaca permulaan ditinjau dari faktor lingkungan siswa kelas II SDN 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo ?" Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan ditinjau dari factor lingkungan siswa kelas II SDN 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif.
Hasil penelitian tentang analisis kemampuan membaca permulaan ditinjau dari faktor lingkungan siswa kelas II SDN 1 Batudaa Kabupaten Gorontalo pada indikator analisis kemampuan membaca permulaan masuk pada klasifikasi cukup baik dengan presentase 66.37%, sedangkan indikator faktor lingkungan masuk pada klasifikasi kurang baik dengan presentase 41.44%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan membaca permulaan ditinjau dari faktor lingkungan siswa masih kurang baik dengan presentase 53.90%.
Kata kunci : Membaca Permulaan, Faktor Lingkungan (beginning Reading, environmental factors)
Download berkas