Penulis / NIM
DEWI HUMOLUNGO / 151410026
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Dewi Humolungo. 2014. "Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Keterampilan Proses di Kelas IV SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo". Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd. dan Pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah "Bagaimana membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses di Kelas IV SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. "Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Dan Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses di kelas IV SDN 14 Bongomeme Kabupaten Gorontalo terdapat sebagian besar siswa mampu membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses. Hal ini sesuai dengan data penelitian yang diperoleh dari 18 siswa di kelas IV, dapat diklasifikasikan 12 orang siswa atau 72,4% mampu membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses, 4 orang siswa atau 16,5% kurang mampu membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses dan 2 orang atau 11,1% tidak mampu membaca pemahaman melalui pendektan keterampilan proses. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa sudah sebagian besar siswa di kelas IV SDN 14 Bongomeme sudah mampu membaca pemahaman melalui pendekatan keterampilan proses.
Kata kunci : Membaca pemahaman, Pendekatan keterampilan proses.
Download berkas