SKRIPSI

Penulis / NIM
NOVARLIN PIDO / 151410031
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Novarlin Pido. 2015 Analisis Kesalahan Menyelesaikan Penjumlahan Bilangan Cacah Dengan Teknik Menyimpan Pada Siswa Kelas III Di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing IDra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra.Samsiar RivaI,S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah penelitian ini adalah ''Bagaimana kesalahan siswa dalam menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas III SDN 77Kota Tengah Kota Gorontalo?Tujuan penelitianbertujuan untuk mendeskripsikananalisis kesalahan menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa ke III di SDN 77 Kota Tengah Kota Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Dalam penelitian ini, pengumpulan data adalah menggunakan hasil dari observasi, wawancara, tes, serta dokumentasi. Berdasarkan tabel rekapitulasi analisis kesalahan menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah dengan teknik menyimpan pada siswa kelas III SDN 77 Kota tengah kota gorontalo yang dilihat berdasarkan dilihat dari lima soal dan empat indikator yakni : pada tabel 4.1. Kesalahan dalam menempatkan bilangan pada penjumlahan bersusun pendek, dengan memperoleh total skor dan rata-rata 39 atau 2,6% pada tabel 4.2. Kesalahan dalam penjumlahan dengan teknik menyimpan memperoleh total skor dan rata-rata 41 atau 27 % pada tabel 4.3. Kesalahan dalam menempatkan satuan menyimpan memperoleh total skor dan rata-rata 43 atau 28,7 % pada tabel 4.4 Menganalisis kesalahan dalam menghitung memperoleh total skor dan rata-rata 44 atau 29,3%. Sehingga dilihat pada rekapitulasi akhir setelah dihitung total skor dan rata-rata adalah 3,304 atau 22% berarti hasil penelitian ini menujukkan bahwa masih ada beberapa siswa yang mengalami kesalahan menyelesaikan penjumlahan bilangan cacah. Kata kunci : Kesalahan, Penjumlahan bilangan Cacah, Teknik Menyimpan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011